KONSULTASI REGIONAL PEMUDA PGI SE SULAWESI (GKLB)


LUWUK, ppgtm. Konsultasi regional pemuda PGI SE-SULAWESI yang dilaksanakan DEPARTEMEN PEMUDA DAN REMAJA baru-baru ini di Luwuk Banggai menghasilkan beberapa rekomendasi yang akan menjadi perhatian dan referansi Pemuda Gereja dalam menunjukkan eksistensinya terhadap persoalan-persoalan aktual baik pada rana kepemudaan bahkan dalam menatap masa depan bangsa dan negara jauh kedepan. Keterlibatan pemuda dalam mempertahankan eksistensi diri gereja milik Tuhan amatlah menetukan. Para pemuda idealnya berdiri di jajaran terdepan dalam upaya eksistensi diri itu. Karena Pemuda adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari gereja secara utuh.

Kegiatan ini terlaksana dari tanggal 28 Juni sampai 02 Juli 2011 dengan melibatkan 91 orang peserta, Pemuda dan Remaja utusan dari   11 lembaga Pemuda Sinode Gereja se Sulawesi yaitu GTM,  GKLB, GPIBK, GKST, GPID, GPIG, GMPU, GMIBM, GMIST, GPIL dan GT,  turut hadir juga sebagai peserta adalah utusan 3 lembaga Mitra yakni GAMKI, GMKI dan YWCA.

setelah berinteraksi secara intens melalui seminar, training dan lokakarya, workshop, eksposhure, sharing dan diskusi kelompok, konsultasi 5 tahunan ini, akhirnya dapat merumuskan kesimpulan rekomendasi untuk dijadikan pertimbangan bagi seluruh pihak, secara khusus kepada PGI, Sinode-sinode Gereja, Pemuda dan Remaja  Gereja, Pemerintah dan Masyarakat umum.

kesimpulan dan rekomendasi tersebut adalah sebagaio berikut :

kesimpulan :

1. Menyangkut Kenakalan Pemuda dan Remaja; kami menyadari bahwa perkembangan ilmu dan tegKnologi berikut penetrasi globalisasi di semua lini kehidupan, telah memberikan dampak yang positif namun tak ketinggalan pula dampak negatifnya. salah satunya adalah meningkatnya kenakalan remaja dalam berbagai bentuk, antara lain balapan liar, tawuran, judi dan miras serta seks bebas termasuk HIV / AIDS.

2. Tentang Usaha Peningkatan Ekonomi Warga Jemaat; kami menyadari pentingnya upaya-upaya strategis untuk meningkatkan ekonomi warga jemaat termasuk bagaimana pemuda dan remaja mengambil konstribusi positif dalam usaha-usaha strategis tersebut. kami menyadari bahwa orientasi sebagian besar pemuda saat ini adalah menjadi pegawai atau karyawan, khususnya pegawai Negeri Sipil, dan masih sedikit yang memiliki semangat berwiraswasta sejak masih muda.

3. Tentang Hubungan Umat Beragama;  kami sungguh menyadari bahwa pemuda dan remaja memiliki peran strategis dalam mewujudkan kerukunan hidup antar umat beragama muncul dari dunia pemuda dan remaja. sebagai generasi muda, kami sungguh menyadari bahwa retaknya hubungan antar umat beragama adalah ancaman nyata bagi NKRI. Fakta bahwa semakin meningkatnya jumlah kasus kekerasan bernuansa agama adalah pengingkaran terhadap cita-cita berdirinya bangsa indonesia.

4. Tentang Peningkatan Pruduksi Pertanian dan Kelautan; kami menyadari bahwa sebagian besar warga gereja adalah masyarakat yang menggantungkan hidupnya pada pertanian, perkebunan dan kelautan. bahkan warga gereja yang bukan petani atau nelayan, sesungguhnya sangat bergantung kepada petani dan nelayan, walaupun banyak yang tidak menyadarinya. sebagai generasi muda kami merindukan para petani dan nelayan menjadi warga yang sejahtera dari pekerjaannya.

5. tentang Gereja dan Oikumene; sebagai generasi muda, kami sungguh bersyukur bahwa peran pemuda dalam terwujudnya gerakan oikumene sudah tercatat oleh sejarah. namun kami menyadari ada kecendrungan menurunnya semangat  oikumene di kalangan generasi muda hari ini, yang salah satu sebabnya adalah adanya pembatasan-pembatasan sinode dalam perutusan pemuda dalam even-even oikumenis. sebagai generasi muda kami mengharapkan kegiatan oikumenis ditingkatkan dan diperbanyak dengan melibatkan sebanyak mungkin kader-kader oikumene sampai ke daerah-daerah pelosok.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s